Makanan yang harus di hindari saat haid

Makanan yang harus di hindari saat haid – Hari-hari menjelang haid Anda bisa diisi dengan gejala tidak nyaman seperti kelelahan, perubahan suasana hati, kelembutan payudara, kembung, makanan mengidam dan sembelit atau diare.

Makanan yang harus di hindari saat haid

Anda mungkin juga mengalami rasa sakit yang disebabkan oleh tindakan fisik menstruasi, termasuk kram, kembung dan sakit kepala. Menghindari makanan tertentu yang mengarah ke dan selama haid Anda dapat membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan Anda.

  • Makanan dan Minuman berkafein

Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat membantu meringankan gejala menstruasi. Makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti coklat, kopi, teh dan minuman ringan, memperburuk gejala seperti kecemasan, depresi dan nyeri payudara, menurut James F. Balch dan Mark Stengler, penulis “Resep untuk Pengobatan Alami”. Selain itu, banyak minuman energi mengandung kafein. Sebagai gantinya, fokuskan minum teh herbal dan banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  • Makanan yang diproses

Menjaga asupan garam terkendali dapat membantu Anda menghindari kembung dan perasaan bengkak dan berat yang menyertainya. Menghindari makanan olahan adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan konsumsi garam karena makanan olahan dan makanan ringan biasanya dikemas dengan sodium. Sebagai gantinya, makanlah makanan utuh seperti buah dan sayuran segar, daging tanpa lemak, ikan dan unggas, kacang-kacangan, biji-bijian dan lemak tak jenuh seperti minyak zaitun, yang secara alami rendah sodium dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  • Makanan Tinggi Lemak

Makanan berlemak tinggi memiliki pengaruh kuat terhadap aktivitas hormonal di tubuh Anda, menurut Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab. Hormon berubah selama siklus menstruasi terkait dengan gejala seperti kembung dan nyeri payudara. Di sisi lain, mengkonsumsi makanan rendah lemak jenuh membantu mengurangi kadar estrogen berlebih, menurut Balch dan Stengler. Hindari makanan seperti potongan lemak daging sapi, produk susu whole-milk, sosis dan burger. Fokus pada buah dan sayuran segar, biji-bijian, ikan dan potongan daging unggas dan daging tanpa lemak.

  • Makanan manis

Karena perubahan hormon selama menstruasi, kadar gula darah menjadi tidak stabil, dan banyak wanita mendambakan permen. Mengonsumsi makanan tinggi gula menambah fluktuasi gula darah Anda, berakibat perubahan suasana hati dan ketegangan. Selain itu, mengonsumsi makanan olahan dan kaya gula dapat menyebabkan ketidakseimbangan dan kelelahan sistem kekebalan tubuh. Alih-alih meraih donat untuk memuaskan gigi manis Anda, dapatkan salad buah yang kaya serat dengan yogurt rendah lemak.

Makanan yang harus di hindari saat haid

Baca juga artikel lainnya : Obat tradisional pelancar haid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *